LOADING

Type to search

News

Cabor Biliar Tunggu Restu Dispora Kalsel

PROKAL.CO, BANJARMASIN – Satu lagi cabang olahraga (cabor) di Kalsel yang berambisi untuk menjadikan Kalsel sebagai tuan rumah babak Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) 2019.

Seakan tak ingin kalah gengsi, cabor biliar Kalsel juga melirik ajang prestisius sebagai tiket menuju PON 2020 Papua tersebut. Sebelumnya, Kalsel dipastikan bakal menjadi tuan rumah Pra PON 2019, yakni untuk cabor kempo dan gulat yang diprediksi pada November mendatang.

Noor Fathuliansyah, Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengprov POBSI) Kalsel tak menampik sangat menginginkan agar Pra PON 2019 untuk cabor biliar dihelat di Kalsel.

“Kalsel sangat potensial untuk menjadi tuan rumah Pra PON biliar. Pasalnya, untuk venue biliar di Kalsel cukup banyak dan sangat representatif untuk menggelar pertandingan nasional sekelas Pra PON,” sebut pria yang akrab disapa Fathul ini, kemarin (6/3).

Namun demikian, Fathul enggan tergesa-gesa. Menurutnya, diperlukan koordinasi yang intensif dengan Pemprov Kalsel untuk memuluskan niat menggelar Pra PON biliar tersebut.

“Oleh karena itu, kami akan mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel. Harus menunggu restu Dispora Kalsel sebagai perpanjangan tangan Pemprov Kalsel,” sambungnya.

Apabila restu dari Dispora Kalsel sudah didapat, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan ke Pengurus Besar (PB) PB POBSI Pusat di Jakarta.

“Untuk saat ini kabarnya baru provinsi Kendari yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Pra PON Biliar 2019. Itu artinya, kalau Kalsel juga mengajukan diri ke PB Pobsi Pusat, maka akan bersaing dengan Kendari,” paparnya.

Di sisi lain, Fathul optimistis Kalsel lebih unggul dari Kendari. Pasalnya, dari segi geografis, letak Kalsel lebih menguntungkan daripada Kendari.

“Akses penerbangan ke Kalsel lebih mudah dan lebih banyak dibandingkan dengan Kendari. Tinggal nanti memaparkan keunggulan Kalsel yang lainnya, supaya bisa menarik minat provinsi lain memilih Kalsel sebagai tuan rumah Pra PON 2019,” tandasnya.(oza/ema)

Like, Follow & Share