LOADING

Type to search

News

Targetkan Tiga Emas SEA Games 2019, Ini Metode Pelatnas Biliar

JAKARTA – Tim biliar Indonesia menargetkan tiga medali emas di ajang SEA Games 2019. Sebanyak 18 atlet yang terdiri dari enam pool putra, enam pool putri, empat snooker, dan masing-masing dua orang pada divisi Carrom dan English Billiard sudah tergabung dalam pemusatan pelatihan (pelatnas) sejak 1 Oktober 2019 kemarin.

Ajang SEA Games 2019 sendiri bakal berlangsung pada 30 November-11 Desember 2019 di Manila, Filipina. Mengingat waktu yang cukup singkat, tim pelatih pun dituntut untuk memutar otak guna mampu memberikan porsi latihan terbaik agar para atlet mereka bisa meraih hasil maksimal pada ajang kali ini.

Edy Hartono selaku pelatih divisi pool di pelatnas biliar Indonesia membeberkan beberapa metode pelatihan yang ia terapkan pada pelatnas biliar kali ini. Selain persiapan fisik dan mental, pria yang akrab dipanggil Coach Dino itu juga sangat menyoroti segi teknik permainan dari anak-anak asuhannya.

“Dalam jangka waktu yang diberikan ini kita semua tahu ini cukup singkat. Maka kami harus mengeluarkan semua ‘jurus’ yang kami punya. Sejauh ini kami sepakat, yang kami bisa berikan, yang kami bisa konsepkan ke pelatnas ini, terutama pada divisi pool ada beberapa materi diantaranya drilling,” terang Coach Dino, Senin (7/10/2019).

“Kemudian, empat hal pokok di nomor pool ini juga akan kami utamakan. Yaitu kami akan berlatih break, berlatih potting dan Safety,” sambungnya

“Untuk drilling sendiri ada beberapa yang pertama, kami akan berikan kebebasan kepada mereka (atlet) untuk memilih angle-angle mana yang mereka belum kuasai. Kemudian kami juga akan memberikan beban kepada mereka untuk terus merepetisi latihan pada angle-angle tersebut,” tambahnya.

“Lalu untuk materi, ada game level, ada one shot, kemudian kami juga akan melihat data para pemain lewat komputer sebagai tolok ukur. Karena setelah mereka melakukan beberapa latihan tadi, semua harus terdata. Jadi nanti semua akan tahu, sudah sejauh mana progres mereka nantinya,” pungkas Coach Dino.

Like, Follow & Share