LOADING

Type to search

News

Para Atlet Biliar Sumatera Berlaga di PORWIL 2019 Bengkulu

POBSI.org – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) kian memacu prestasi atletnya melalui sederet kegiatan. Mulai dari turnamen tingkat kota hingga kualifikasi antar provinsi.

Yang terhangat, para atlet biliar Sumatera berlaga dalam cabor biliar Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) Sumatera 2019. Kompetisi tersebut diadakan di Star Pool Bengkulu sejak Sabtu lalu (2/11/2019).

“PORWIL Sumatera adalah kegiatan multi event Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi empat tahunan yang diselenggarakan bergiliran. PORWIL Bengkulu 2019 ini adalah yang ke-10, ajang untuk kualifikasi atau PraPON wilayah Sumatera. Dalam kegiatan ini, PB POBSI dilibatkan untuk mensupervisi, termasuk mengawal format kegiatan dengan tujuan kualifikasi PON tersebut,” jelas Sekjen PB POBSI Robby Suarly dalam keterangannya, Senin (4/11/2019).

Robby menambahkan, peserta merupakan atlet dari 10 provinsi se-Sumatera. Mereka bertanding dalam 10 nomor pertandingan khusus divisi pool, terdiri dari 8 nomor putra dan 2 nomor putri.

Tiga hari digelar, PORWIL Sumatera 2019 cabor biliar berhasil menjaring delapan atlet unggulan. Diharapkan hingga akhir gelaran pada Sabtu mendatang (9/11/2019), sebanyak 20 kuota atlet terisi dengan tepat.

Pada klasemen tiga teratas perolehan medali, provinsi Sumatera Utara memimpin dengan skor 2-1-0 (emas-perak-perunggu). Disusul Riau 1-1-0 dan Bengkulu 1-0-0.

Berikut adalah hasil sementara kualifikasi cabor biliar di PORWIL Sumatera 2019.

1. Putra 9 Ball Double
Emas: Bengkulu (Dedi R/Deni S), (kuota PON)
Perak: Sumatera Utara (Rome F.T/Puguan H)
Perunggu: Jambi (Rizky/Gontar), Sumatera Barat (Edo V/Toriq)

2. Putra 10 Ball Double
Emas: Sumatera Utara (Jefri Z/Fadly), (kuota PON)
Perak: Sumatera Barat (Nofrianto/Oky C)
Perunggu: Lampung (Erwan/Adhitya), Aceh (Herpindo/Imran)

3. Putra 8 Ball Double
Emas: Sumatera Utara (Rome F.T/Puguan H), (kuota PON)
Perak: Riau (Apsi C/Tengku M)
Perunggu: Jambi (Rizky/Gontar) Babel (Ricky/Juisirsan)

4. Putra 15 Ball Double
Emas: Riau (Ibrahim M/Martias P), (kuota PON)
Perak: Aceh (Irwan/Imran)
Perunggu: Kepri (Andri/Suprianto), Jambi (Jhoni S/Rio)

“Sementara dapat dikatakan persaingan cukup merata di Sumatera,” kata Wakil Ketua II Binpres PB POBSI, Achmad Fadil Nasution.

Fadil melanjutkan, kegiatan ini sekaligus menjadi wujud strategi PB POBSI dalam membina atlet biliar daerah. Ia pun berharap, kegiatan serupa dapat diadakan di wilayah lain. “Harapannya PORWIL dapat terselenggara juga di wilayah (Indonesia) Tengah dan Timur, membuat geliat lebih merata dan tentunya akan datang juara-juara dari daerah yang bisa diandalkan,” pungkasnya.

Like, Follow & Share