LOADING

Type to search

News

17 Pebiliar Sumatera Dipastikan Melaju ke PON 2020

POBSI.org – Enam hari digelar sejak Jumat (1/11/2019), Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) Sumatera 2019 berhasil menjaring sebanyak 17 atlet biliar unggulan. Mereka akan dikirim ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Digelar di Star Pool Billiard and Lounge, Kota Bengkulu, kompetisi biliar pada PORWIL Sumatera 2019 berjalan sangat ketat. Bagaimana tidak, tahun ini cabang olahraga biliar mendapat sorotan istimewa berkat kepengurusan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI) yang baru. “Dalam kegiatan ini (PORWIL Sumatera 2019), PB POBSI dilibatkan untuk mensupervisi, termasuk mengawal format kegiatan dengan tujuan kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) tersebut,” kata Sekjen PB POBSI, Robby Suarly, Senin (4/11/2019).

Di ajang PON 2020 mendatang, PB POBSI siap membawa para atletnya menghidupkan cabor biliar Indonesia. “Tentu PORWIL merupakan babak kualifikasi PON, salah satu strateginya (cabor biliar),” ucap Wakil Ketua II Binpres PB POBSI, Achmad Fadil Nasution.

Dalam PORWIL yang digelar di Bengkulu ini, para atlet yang datang dari 10 provinsi se-Sumatera beradu cermat bermain biliar. Mereka berlaga dalam sejumlah pertandingan khusus divisi pool.

Pada klasemen sementara Rabu siang (6/11/2019), provinsi Sumatera Utara memimpin perolehan kuota atlet PON sebanyak 4 kursi, disusul Bengkulu dan Riau masing-masing 3 kursi dan Bangka Belitung 2 kursi. Sisanya Sumatera Barat, Aceh, Jambi, Lampung dan Sumatera Selatan masing-masing 1 kursi. Sedangkan, provinsi Kepulauan Riau belum berhasil memenuhi kuota atlet.

Adapun pada perolehan medali sementara, provinsi Riau, Sumatera Utara dan Jambi berada di posisi tiga teratas. Ketiganya berhasil mendapat empat medali.

Perhelatan ini digelar hingga 9 November 2019. Berdasarkan laporan klasemen di atas, artinya tiga kuota PON masih tersisa untuk para atlet biliar Sumatera. Dengan demikian, nantinya total sebanyak 20 atlet Sumatera bakal unjuk gigi di pesta olahraga nasional tersebut.

Like, Follow & Share