LOADING

Type to search

News

Lando Tantang Juara Dunia, Jaka Hadapi Juara Asia

MANILA – Dua pebiliar putra Indonesia, Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan Ginting akan berhadapan dengan lawan-lawan yang sangat tangguh pada babak perempat final English billiard single SEA Games 2019 di Hotel Tent Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Marlando yang tampil lebih dahulu pada pertandingan sesi pagi hari, akan menantang wakil Singapura Pieter Gilchrist yang merupakan juara dunia English billiard 2019. Sedangkan Jaka bakal menghadapi pebiliar Myanmar yang pernah menjadi juara Asia, Naw Thway OO.

Selain menyandang gelar juara dunia, di kancah SEA Games Pieter Gilchrist pun merupakan nama besar. Ia tercatat memegang rekor emas lima kali berturut-turut pada English billiard single, sejak SEA Games 2009 di Laos hingga terakhir di SEA Games 2017 Malaysia.

Meski lawan yang dihadapi memiliki nama besar, namun itu tak membuat nyali Marlando ciut dan merasa ‘kalah sebelum bertanding’. Pebiliar asal Sumut ini justru termotivasi untuk mengalahkan Pieter.

“Pieter adalah pebiliar tangguh. Tetapi saya tak mau ambil pusing dengan nama besarnya. Nothing to loose saja. Karena biar bagaimanapun dia pasti punya kelemahan dan bisa dikalahkan,” jelas Marlando kepada wartawan di Hotel Tent Manila, Filipina, Jumat (6/12/2019).

“Yang pasti saya harus lebih teliti dan lebih fokus lagi saat bertanding. Mudah-mudahan saya bisa bermain maksimal besok dan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Tekad yang sama juga dilontarkan rekannya, Jaka Kurniawan Ginting yang akan menghadapi pebiliar tangguh dari Myanmar, Naw Thway OO. Jaka mengaku optimistis dapat mengalahkan mantan juara English billiard Asia itu.

“Naw Thway OO merupakan salah satu unggulan dalam SEA Games kali ini. Dia pernah juara Asia dan selalu masuk final di beberapa event English billiard terakhir. Tetapi saya tidak gentar. Tetap optimis dan siap berjuang untuk mempersembahkan prestasi terbaik. Semoga saya bisa mengalahkan Naw besok dan lolos ke semi final,” tandas Jaka.

Pada kesempatan yang sama, pelatih English Billiard dan Snooker timnas biliar Indonesia, Achmad Fadil Nasution berharap Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan dapat tampil maksimal dalam pertandingan perempat final.

“Baik Lando maupun Jaka akan menghadapi lawan-lawan yang tangguh. Melawan pemain sekaliber Pieter Gilchrist tidak boleh lengah dan kehilangan fokus sedetikpun. Jangan bermain terlalu terbuka. Dan harus mampu memanfaatkan setiap momentum dengan semaksimal mungkin. Apabila daya tahan menurun, take a time, mungkin dengan cara membersihkan bola, minum atau melakukan hal lain. Sehingga waktu memukul bola dilakukan dengan 100 persen,” saran Fadil.

Menurut Fadil, Pieter Gilchrist memang master-nya english billiard di dunia saat ini. Tetapi, sesungguhnya ada perbedaan antara jenis English billiard yang selama ini didominasi oleh Gilchrist. Ia selama ini selalu juara di turnamen English billiard yang menggunakan sistem waktu dan berlangsung cukup panjang. Sedangkan di SEA Games 2019 kali ini yang dipertandingkan adalah English billiard point dengan durasi pertandingan singkat.

“Jadi tetap terbuka peluang buat Marlando dan Jaka untuk memenangkan pertandingan besok dan lolos ke semifinal,” pungkasnya.

Like, Follow & Share