LOADING

Type to search

News

5 Bulan Jelang PON Papua, Sejumlah Pengprov Bersiap Intensif

Penyebaran Covid-19 masih mengintai, termasuk para atlet yang justru membutuhkan aktivitas untuk menjaga stamina dan skil dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

Hal yang sama juga berlaku bagi para atlet biliar, khususnya mereka yang sedang bersiap untuk membela daerah masing-masing dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua. Padahal, selain membutuhkan kebugaran, atlet biliar membutuhkan jam terbang tinggi untuk mengasah mental dan skil melalui pertandingan-pertandingan.

Meskipun dalam keadaan terbatas, pengurus provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) tetap memaksimalkan pembinaan atlet, khususnya dalam mempersiapkan diri untuk PON 2021 Papua, seperti halnya atlet biliar Jawa Timur.

Ketua Umum Pengprov POBSI Jawa Timur Pujo Asmarahadi seperti dikutip berbagai media menjelaskan bahwa atlet biliar bersama dengan atlet cabang olahraga lainnya yang tergabung dalam kontingen PON 2021, sudah melakukan persiapan intensif di Surabaya. Khusus untuk cabang olahraga biliar, POBSI Jawa Timur menargetkan 1 emas dari nomor putra.

Pujo menambahkan, target POBSI Jatim tidak berlebihan, karena pihaknya mengacu pada prestasi atlet biliar Jawa Timur pada PON 2016 di Jawa Barat, di mana saat itu Jawa Timur membawa pulang satu medali perunggu dari atlet nomor Carom, Ananta.

”Kami optimis 1 keping emas akan jadi milik Jawa Timur, terkait untuk team putri masih kalah bersaing,” katanya.

Sementara itu, dari Sumatera Barat persiapan tim biliar PON 2021 Papua juga sudah dilakukan. Bahkan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat baru-baru ini menyerahkan bantuan peralatan latihan, untuk mendukung persiapan atlet biliar Sumatera Barat.

Ketua Umum Pengprov POBSI Sumbar mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan KONI, yang dinilainya akan memotivasi para atlet biliar. Menurut Dino, dua atlet biliar Sumatera Barat tengah berlatih serius di bawah pengawasan pelatih Andree Moreno.

“Alhamdulillah, bantuan ini akan digunakan sepenuhnya untuk dua pebiliar Sumbar yang lolos PON Papua, yakni Edo Vernando dan Oki Chandra,” katanya.

Sebagaimana provinsi lainnya, Dino berharap kedua atlet biliar dapat membawa pulang medali untuk Sumatera Barat.

Like, Follow & Share