LOADING

Type to search

News

Cegah Terjadi Klaster PON Papua, Vaksinasi Covid-19 Menjadi Syarat Wajib

Untuk mencegah terjadinya klaster Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua, pemerintah setempat mendorong agar vaksinasi untuk atlet, official baik mereka yang berasal dari Papua, maupun dari daerah lainnya.

Penegasan itu disampaikan dalam instruksi Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat beberapa waktu lalu. Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Suwarno mengatakan, pada rapat terbatas bersama Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, sudah diberi petunjuk agar vaksin diberikan bagi mereka yang akan berangkat ke Papua.

“Yang lalu kami melaksanakan pertemuan secara virtual dengan seluruh KONI provinsi. Di mana pada momen ini kami juga mengingatkan untuk mengkomunikasikan kepada dinas kesehatan masing-masing provinsi dalam rangka pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya.

Terpisah Ketua Harian POBSI Sumatera Utara Achmad Fadil Nasution mengatakan vaksinasi di daerahnya berjalan lancar, tertib dan sesuai prosedur prokes yang berlaku. Dia menjelaskan bahwa 14 atlet, pelatih, manajer tim dan pengurus POBSI Sumatera Utara sudah selesai melaksanakan vaksinasi tahap dua.

“Dengan tetap menerapkan prokes, vaksknasi diharapkan dapat menambah imun atlet dan pelatih sehingga para atlet dapat berlatih dan bertanding maksimal,” katanya.

Selain Sumatera Utara, beberapa daerah lain juga telah melaksanakan vaksinasi tahap kedua. POBSI Bali sudah merampungkan vaksinasi yang dimaksud pada tanggal 9 Mei lalu, sementara atlet, pelatih, pengurus dan official POBSI Sumatera Barat direncanakan akan melaksanakan vaksinasi tahap pertama pada tanggal 17 Mei mendatang.

Akhir April, POBSI Lampung sudah merampungkan tahap dua vaksinasi untuk atlet, pelatih dan manajer tim, tepatnya pada tanggal 29 April 2021.

Like, Follow & Share